Cegah gastritis dalam diet lambung brosur

Page Digestive disease gastritis https: Sumber protein hewani Daging, ikan, ayam yang dikalengkan, digoreng, dikeringkan dendengtelur ceplok atau goreng. Pasien di diagnosa menderita penyakit gastritis kronis,saat ini pasien sedang menjalani rawat inap di ruang Abu Bakar No.

Bakteri H. Pemeriksaan Fisik: Perdarahan hebat karena gastritis akibat stres akut bisa diatasi dengan menutup sumber perdarahan pada tindakan endoskopi. Bila gejala menetap, cairan perlu diberikan secara parenteral.

HCl Asam Klorida merupakan enzim yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan. Gastritis kronik disebabkan oleh gastritis akut yang berulang sehingga terjadi iritasi mukosa lambung yang berulang-ulang dan terjadi penyembuhan yang tidak sempurna akibatnya akan terjadi atrhopi kelenjar epitel dan hilangnya sel pariental dan sel chief.

Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan. Pada sebagian besar kasus, gejalanya amat ringan bahkan asimptomatis. Gerak peristaltik menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk. Gastritis erosif kronis bisa merupakan akibat dari bahan iritan seperti obat-obatan, terutama aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya, penyakit Crohn, serta infeksi virus dan bakteri.

Sumber protein nabati Tahu, tempe, direbus, ditim atau ditumis, kacang hijau direbus dan dihaluskan. Pendorongan makanan terjadi secara gerakan peristaltik setiap 20 detik b.

Jika penyebabnya adalah infeksi oleh Helicobacter pylori, maka diberikan bismuth, antibiotik misalnya amoksisilin dan klaritromisin dan obat anti-tukak omeprazol. Gejala-gejala dari Gastritis antara lain adalah rasa perih, atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas, mual, muntah, kehilangan selera makan, kembung, terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan, lemas, hingga perdarahan lambung.

Ternyata, selain bertanggung jawab terhadap mekanisme nyeri, enzim COX juga bertanggung jawab dalam pertahanan lapisan kulit dalam lambung. Jenis makanan yang boleh diberikan pada penyakit gastritis Sumber hidrat arang nasi atau penggantinya Beras, dibubur atau ditim, kentang direbus atau dipures, makaroni, mi bihun direbus, roti, biskuit, marie, dan tepung-tepungan dibuat bubur atau puding.

DIIT PADA PENYAKIT LAMBUNG

Oleh karena itu sebagai manusia harus sangat memperhatikan kesehatan tubuhnya. Keluhan itu misalnya nyeri pada ulu hati yang biasanya ringan. Untuk meringankan penyumbatan di saluran keluar lambung pada gastritis eosinofilik, bisa diberikan kortikosteroid atau dilakukan pembedahan.

Ketika makanan masuk kelambung, secara bersamaan mukosa pada lambung mengeluarkan asam hidroklorida. Untuk menetralisasi asam, digunakan antasida umum misal: Jadi, makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif.

Apa Itu Gastritis?

Hindari makan hingga terlalu kenyang karena jika isi lambung terlalu penuh maka isi lambung bisa naik ke tenggorokan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cairan infus dan obat-obatan yang dapat mengurangi asam jika gastritis Anda memburuk.

Nusaindah 2 Blok A Solobaru.

Makalah Diet Lambung

Lemak bersifat antiradang pada lapisan saluran pencernaan dan protein dapat membantu pencernaan. Makanan pada diet lambung harus mudah dicernakan dan mengandung serat makanan yang halus soluble dietary fiber.

Gastritis atrofik bisa menyebabkan anemia pernisiosa karena mempengaruhi penyerapan vitamin B12 dari makanan. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke duodenum akan berkontraksi mengerut jika tersentuh kim. Makanan yang baik untuk gastritis adalah: Bentuk makanan harus lunak dan diberikan enam kali sehari.

Tanda dan Gejala Gejalanya bermacam-macam, tergantung kepada jenis gastritisnya. Jika penyakit belum menunjukkan tanda penyebaran, pilihan terbaik adalah pembedahan. Fungsi Lambung:Syarat Diet: • Makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna • Hindari makanan tidak merangsang lambung seperti asam, pedas,keras, terlalu panas/dingin • Porsi kecil dan diberikan sering.

• Cara pengolahan makanan direbus, kukus, panggang dan tumis Diet lambung dapat juga diberikan kepada pasien dengan gangguan saluran cerna seperti radang pada lambung (gastritis) radang pada.

Diet lambung II diberikan sebagai perpindahan dari diet lambung I, kepada pasien dengan ulkus peptikum atau gastritis kronis dan tifus abdominalis ringan. Makanan berbebtuk lunak, porsi kecil serta diberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan kali makanan selingan.

Gastritis atau juga sering disebut sebagai radang lambung, dapat muncul secara mendadak (gastritis akut) atau berlangsung dalam waktu yang lama (gastritis kronis). Orang awam sering menyebut gastritis adalah maag, padahal gastritis pada dasarnya berbeda dari maag. Brosur Diet untuk Anak dengan Berat Badan Kurang.

Brosur Diet Rendah Lemak dan Kholesterol. Brosur Diet Protein Rendah untuk Penyakit Ginjal Kronik. Brosur Diet Hati. Brosur Diet Penyakit Ginjal Kronik dengan Hemodialisis. Brosur Diet Hipertensi.

Brosur Makanan Sehat Ibu Hamil. Brosur Makanan Sehat Ibu Menyusui. Brosur Diet Penyakit Jantung. Brosur Diet Lambung. Brosur. Diet Gastritis/Maag Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung (Medicastore, ). Gastritis adalah proses inflamasi pada lapisan mukosa dan sub mukosa lambung (Suyono, ).

· Yuk Cegah Gastritis dengan SMOL! Salam Sehat!!!

Penatalaksanaan Diet Pada Penyakit Saluran Pencernaan

Salam Caring!!! -Nurse Corner-Author: Sikb 5a.

Kumpulan Brosur Diet
Cegah gastritis dalam diet lambung brosur
Rated 3/5 based on 49 review